Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto :  Gubernur Sulsel pada Forum Grup Discussion (FGD) perencanaan pembangunan stadion mattoanging berstandar FIFA di Grand Claro Hotel Makassar, Rabu (18/11/2020) (Foto: Mardianto)

Terkendala Anggaran, Rehabilitasi Stadion Mattoanging Makassar Pinjam Dana Swasta

Makassar, Semuwaberita.com -- Rehabilitasi stadion kebanggan masyarakat Sulsel, Stadion Mattoanging masih terkendala anggaran. Untuk melanjutkan proyek tersebut, opsi paling kuat adalah meminjam dana ke swasta. 

"Insha Allah kita siapkan dua opsi. Apakah melalui APBD murni atau pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI)," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Junaedi, Rabu (18/11/2020).

Jika berdasar pada hitungan kalkulasi tim Detail Engineering Design (DED), estimasi anggaran untuk rehabilitasi secara total Rp1 Triliun lebih. 

Lebih jauh, Juanedi menyebut dua opsi pendanaan rehabilitasi memungkinkan diambil. Hanya saja yang paling siap adalah dana dari PT SMI. 

Bahkan, Pemprov mengklaim bahwa Presiden juga telah mengiyakan untuk membackup anggarannya. Pemprov Sulsel tidak ingin proyek ini multi years, melainkan sekali penganggaran. 

"Apalagi di 2020 ini, perencanaan DED-nya juga sudah dibiayai PT SMI Rp200 miliar. Jadi mungkin dalam waktu dekat, setelah ada draft final dari DED yg ada, akan kita sampaikan ke PT SMI terkait besaran kebutuhan alokasi anggaran," tambahnya. 

PT SMI adalah perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur, yang didirikan untuk menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBN karena di bawah naungan Kementerian Keuangan. 

"Apalagi ini tidak ada bunga, cuma skemanya berdasarkan PMK nomor 105 tahun 2020 itu dikasih judul pinjaman," jelas Junaedi. 

Sementara, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengaku Stadion Mattoanging nantinya tiidak hanya berfungsi sebagai sport center. Melainkan, bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. 

"Kita berharap stadion ini segera selesai. Ini akan mendorong pemulihan ekonomi. Bayangkan kalau ada event nasional, kejuaraan Presiden, Liga, tambah lagi FIFA juga main disini, hotel pada penuh. Kalau hotel penuh, restoran juga penuh, itulah efek yang kita akan rasakan nanti," sebut Nurdin. 

Ia meminta dukungan semua pihak, termasuk dari anggota DPRD. Proses rehabilitasi sendiri ditarget rampung dalam waktu 18 bulan.(Mardianto)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media