Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Tokoh Adat, Agama, Pemuda Papua saat menggelar rilis terkait demo penolakan Otsus

Begini Sikap Forum Indonesia Bersatu, Soal Otsus Papua

.SENTANI, semuwaberita.com - Sejumlah tokoh adat, Ondoafi, agama dan pemuda Kabupaten Jayapura yang menamakan diri sebagai Forum Indonesia Bersatu (FIB) mengambil sikap pasca aksi demo menolak perpanjangan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II di Papua yang digelar di Kampus Universitas Cenderawasih, Rabu (14/7).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Yanto Eluay, Tokoh Agama Pdt. Cato Mauri S.Th, Wakil Ketua Koordinator Pengendali Masyarakat Pegunungan Tengah di Jayapura Sem Kogoya, Ondoafi Grimenawa Martinus Kasuai, Tokoh Masyarakat Grimenawa Beni Tesia dan Tokoh Pemuda Sentani Nelvis Manobi.

Selain itu, juga turut hadir Ketua Barisan Merah Putih (BMP) Kabupaten Jayapura Rudi Yappo Samori, Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura Eroll Marweri dan pengurus DPD KNPI Kabupaten Jayapura David Ohee.

Dari hasil pertemuan tersebut kemudian mengeluarkan pernyataan sikap yang berbunyi sebagai berikut:

1. Menyikapi situasi dan kondisi serta dinamika yang berkembang di atas tanah Papua, terkait keberlanjutan Otsus Papua dengan tegas menolak segala bentuk aksi unjuk rasa / demo penolakan terhadap kelanjutan Ottsus Papua. Kami mengimbau agar seluruh elemen dan komponen masyarakat Papua, baik mahasiswa dan masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan situasi yang kondusif, aman dan damai di tanah Papua. 

2. Forum Indonesia Bersatu di Tanah Papua telah bersepakat untuk mendukung kelanjutan pelaksanaan Otsus Papua dengan pertimbangan sebagai berikut, bahwa:

A. Masyarakat saat ini sangat membutuhkan dukungan anggaran Otsus untuk membiayai sektor kebutuhan pokok pendidikan, kesehatan dan pembangunan sektor masyarakat

B. Otsus Papua harus segera di implementasikan dengan regulasi untuk kepentingan masyarakat Papua, bukan untuk kepentingan para pejabat korup Papua.

C. Para pejabat Papua" Politisi Intelektual agar tidak memanfaatkan komponen mahasiswa, Ormas dan masyarakat untuk melakukan aksi-aksi penolakan terhadap keberlanjutan Otsus Papua.

"Menyikapi dinamika sehubungan akan ditetapkannya kelanjutan Otsus Papua oleh DPR RI. Pada hari ini kami bersama para tokoh dari unsur Adat, Agama, Pemuda dan lainnya yang tergabung dalam Forum Indonesia Bersatu di Tanah Papua mengeluarkan pernyataan sikap resmi," tegas Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay.

Sementara itu, Tokoh Agama, Pdt. Cato Mauri, S.Th, dalam kesempatan tersebut meminta kepada seluruh masyarakat Papua agar menjadikan Otsus ini sebagai berkat dari Tuhan.(irf)

Copyright © 2020 Semuwaberita.com