Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Ustadz Idrus Lesmana mewakili Paguyuban Jawa Barat di Kabupaten Jayapura menerima secara simbolis donasi uang tunai senilai Rp 65.722.000/Istimewa

DMI Kabupaten Jayapura Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Sentani, semuwaberita.com - Umat Islam melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura menyalurkan donasi untuk membantu para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. 

Donasi senilai Rp65.722.000 ini disalurkan langsung kepada Paguyuban Jawa Barat yang merupakan perwakilan korban bencana gempa bumi Cianjur.

Penyerahan donasi secara simbolis dilakukan Ketua Satgas Penggalangan Donasi Gempa Bumi Cianjur DMI Kabupaten Jayapura Ustadz Sersan Mayor H. Heri Purnomo kepada salah satu perwakilan Paguyuban Jawa Barat yang ada di Kabupaten Jayapura Ustadz Idrus Lesmana, di Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, (05/12/2022).

Penyerahan donasi tersebut disaksikan Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, S.Pd., Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Nurdin Syanmas, Ketua Paguyuban Pasundan Papua Irianto Pawika, beberapa jamaah Masjid Agung Al Aqsha, perwakilan BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura dan pengurus Paguyuban Pasundan Papua.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban yang dialami oleh saudara-saudara kita yang mengalami bencana gempa bumi," kata Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, S.Pd.

Sakaruddin mengatakan, sumbangan tersebut merupakan donasi yang terkumpul dari para jamaah atau umat Islam yang ada di puluhan masjid dan yayasan-yayasan Islam yang ada di Kabupaten Jayapura.

Pascaperistiwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Senin, 21 November 2022 lalu, umat Islam yang dikoordinir DMI Kabupaten Jayapura langsung membuka layanan donasi melalui program DMI Kabupaten Jayapura Peduli Cianjur pada 27 November 2022. Donasi kemudian ditutup pada Ahad, 4 Desember 2022.

"Kami dari umat Islam Kabupaten Jayapura peduli dengan saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang terjadi beberapa pekan lalu. Melalui DMI Kabupaten Jayapura melalukan penggalangan donasi kepada seluruh masjid dan yayasan-yayasan atau lembaga yang ada di Kabupaten Jayapura. Alhamdulillah, selama satu pekan DMI lakukan open donasi itu terkumpul uang cash sebanyak Rp. 65.722.000," jelasnya.

Sumbangan Jamaah 31 Masjid

Pada kesempatan tersebut, mantan Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Permakaman (DKPP) Kabupaten Jayapura ini mengucapkan terima kasih kepada para jamaah di 31 masjid, yayasan-yayasan Islam dan para donatur orang perorangan DMI Kabupaten Jayapura Peduli Cianjur.

Donasi yang telah terkumpul melalui rekening DMI Kabupaten Jayapura itu seluruhnya telah didonasikan melalui pihak perwakilan Paguyuban Jawa Barat Ustadz Idrus Lesmana, yang akan mendonasikan melalui petugas yang berwenang di daerah bencana dan juga akan melaporkan hasilnya kepada DMI Kabupaten Jayapura, yang selanjutnya akan diinformasikan kepada donatur melalui grup-grup WhatsApp himpunan masjid Kabupaten Jayapura.

"Atas nama DMI Kabupaten Jayapura menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur. Terima kasih atas kepeduliannya terhadap warga Cianjur," ujarnya.

Sebelumnya, usai menerima sumbangan secara simbolis, Ustadz Idrus Lesmana mengucapkan terima kasih kepada warga Kabupaten Jayapura khususnya umat Islam melalui DMI Kabupaten Jayapura yang Sudi menyisihkan sebagian rezekinya demi bantuan kemanusiaan di Cianjur, Jawa Barat.

"Mudahan-mudahan support dana, bantuan, dan empati dari umat Islam Kabupaten Jayapura menjadi daya semangat bagi saudara-saudara kami. Dan, masyarakat terbantukan dengan apa yang umat Islam melalui DMI berikan kepada saudara-saudara kami yang mengalami bencana gempa bumi di Cianju," katanya.(Irf)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media