Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo berbincang dengan perwakilan warga Grime Nawa/foto:istimewa

Dihadapan Penjabat Bupati Jayapura, Masyarakat Grime Nawa Tuntut Realisasikan DOB

Sentani,semuwaberita.com– Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo beserta jajaran Pejabat Utama di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Jayapura menghadiri Acara Tatap Muka dan Lepas Sambut Tahun Baru 2022/2023 Masyarakat Adat Grime Nawa, yang berlangsung di Lapangan Mandala, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/01/2023).

Pj Bupati Triwarno menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bersama-sama merancang acara ini sehingga dapat terlaksana dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat kembali mendesak Pemerintah Kabupaten untuk dapat merealisasikan wilayah Grime Nawa segera menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB_.

“Setahu saya banyak orang hebat disini, para intelektual, tapi kenapa DOB Grime Nawa belum jadi-jadi? Yang saya mau kasi tahu bahwa semua harus bersatu, harus satu suara baru pemekaran DOB Grime Nawa bisa terjadi,” ungkap Pj Bupati Triwarno.

Triwarno mencontohkan, selama ini ada beberapa pihak yang yang masih mengklaim sebagai tim pemekaran, padahal Pemerintah Kabupaten Jayapura sangat berkomitmen mendukung proses pemekaran DOB Grime Nawa. 

“Ini saya jujur saja, masih ada yang datang ke Gunung Merah mengaku sebagai tim ini dan tim itu, ini yang saya mau bilang semua harus bersatu, tidak ada lagi yang datang dengan kepentingan sendiri, karena kalau tidak bersatu, itu sama saja masyarakat belum mau Grime Nawa menjadi DOB,” tegasnya.

Triwarno menegaskan, jika tidak ada persatuan diantara suku-suku atau kampung yang ada di Grime Nawa, dan kalau masyarakat masih datang sendiri-sendiri dikhawatirkan akan membuat proses berjalan lama, bahkan hal terburuk DOB tidak terjadi karena masih ada perbedaan pandangan di tengah masyarakat.

“Sekali lagi saya tegaskan, Pemerintah Kabupaten Jayapura mendukung pemekaran DOB Grime Nawa dengan persatuan, masyarakat yang ada di Lembah Grime Nawa dari Timur sampai Selatan, sekarang semua kembali kepada masyarakat, siap apa tidak?” tegasnya lagi.

Mengakhiri arahannya, Pj Bupati mengajak masyarakat yang ada di Lembah Grime Nawa mendukung semua upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

Pernyataan Sikap

Untuk diketahui, dalam acara ini juga disampaikan Pernyataan Sikap atau Aspirasi Masyarakat Adat Grime Nawa yang disampaikan oleh Sekretaris Dewan Adat Daerah Grime Nawa Yakob Wadi diantaranya;

1. Masyarakat Grime Nawa menyatakan sikap setia kepada Pancasila dan UUD 1945 dan NKRI serta mendukung agenda-agenda pemerintah di Wilayah Grime Nawa diantaranya Pileg dan Pemilu tahun 2024;

2. Masyarakat Grime Nawa menyatakan sikap mendukung kepemimpinan Pj Bupati Jayapura Bapak Triwarno Purnomo sampai terpilihnya bupati definitif tahun 2024;

3. Masyarakat Grime Nawa mendukung Pj Bupati Jayapura melakukan audit dan evaluasi kinerja pemerintahan;

4. Masyarakat Grime Nawa mengharapkan adanya pemerataan pembangunan di Wilayah III & IV dan promosi SDM di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Jayapura;

5. Kami Masyarakat Grime Nawa mengharapkan, (a) Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Jayapura serta TNI dan Polri agar merespon Pemekaran DOB Grime Nawa yang sudah diperjuangkan selama 20 tahun lebih, (b) Mohon dukungan penyerahan dari Kabupaten Jayapura dan evaluasi Tim-tim Pemekaran DOB Grime Nawa yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura;

6. Masyarakat Adat Grime Nawa meminta Pj Bupati Jayapura untuk mendesak (a) Pemerintah Provinsi Papua mencabut Ijin Usaha Perkebunan (IUP) PT. Permata Nusantara Mandiri (PNM) dan mencabut ijin lokasi PT. PNM yang mencaplok ruang hidup Masyarakat Grime Nawa, (b) Pemerintah Kabupaten Jayapura memproses penyelesaian masalah Tanah Transigrasi di Wilayah Grime Nawa; dan

7. Masyarakat Adat Grime Nawa mengharapkan dukungan Pj Bupati Jayapura dalam Konfrensi Masyarakat Grime Nawa yang akan dilaksanakan tahun 2023. (RZR)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media