Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Caleg DPR Papua, Wagus Hidayat SH

Caleg DPR Papua Dapil 3, Wagus Hidayat Siap Berjuang untuk Kepentingan Masyarakat

Sentani, semuwaberita.com - Calon Legislatif DPR Provinsi Papua dari partai PKS untuk Daerah Pemilihan 3 Kabupaten Jayapura, Wagus Hidayat SH siap berjuang untuk kepentingan masyarakat Papua terlebih khusus di Kabupaten Jayapura.

Ini ditegaskan Wagus Hidayat kepada semuwaberita.com di Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (01/02/2024).

Menurut pria yang akrab disapa Dayat ini, keputusannya untuk kembali terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai calon wakil rakyat di tingkat Provinsi Papua ini karena ada beberapa hal yang mendorongnya.

"Ada hal-hal yang membuat saya terdorong untuk bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat Papua, terkhusus di Kabupaten Jayapura. Karena saya melihat pembangunan di tanah Papua ini khususnya daerah pemilihan saya di Kabupaten Jayapura, masih jauh dari kata layak," ungkap mantan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura ini.

Oleh karena itu, lanjut Dayat, ia akan berusaha untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat terutama di bidang infrastruktur, pendidikan dan ekonomi kerakyatan.

Infrastruktur

Ia mencontohkan seperti infrastruktur jalan dan transportasi yang belum memadai di daerah pemilihannya, Kabupaten Jayapura.

"Saat saya turun menemui masyarakat di sejumlah Distrik yang ada di Kabupaten Jayapura, saya melihat masih banyak akses jalan yang belum tersambung, banyak jalan yang berlubang, padahal akses ke ibukota Provinsi jaraknya sangat dekat. Tentunya kita ingin ingin meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana di daerah-daerah tersebut," bebernya.

Tidak hanya itu, lanjut Dayat, saat bertemu masyarakat, mereka juga mengeluhkan soal transportasi yang sulit dan BBM bersubsidi yang susah didapatkan..

"Sempat saya bercerita dengan masyarakat soal sumber daya alam. Sebenarnya mereka punya potensi untuk menanam vanila, kopi dan komoditas pertanian lainnya. Tapi yaitu terkendala dengan penyalurannnya susah, karena akses jalan ditambah kendaraan transportasi yang sulit," ungkap Dayat.

Alhasil banyak masyarakat yang sebelumnya bekerja sebagai petani, beralih menjadi penebang kayu yang lebih gampang dijual dan menghasilkan uang lebih besar.

"Kalau kayu di hutan ditebang tiap hari, tentunya ini akan merusak ekosistem alam yang ada disana, dan juga bisa mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor," ujarnya menyayangkan.

"Sehingga kita berharap masyarakat bisa kembali bercocok tanam, tapi tentunya harus dipenuhi juga sarana dan prasarananya," harap pemilik perusahaan Semuwa grup ini.

Pendidikan

Lebih jauh ungkap Dayat, di bidang pendidikan jika terpilih nanti, ia juga akan mendorong peningkatan SDM putra putri asli Papua

"Saya punya perusahaan yang bergerak di bidang kedirgantaraan, selama ini saya berusaha membangun SDM orang asli Papua, mendorong mereka untuk peningkatan pendidikannya tentunya dengan keterbatasan yang kami punya," akunya.

"Jika terpilih nanti, saya akan dorong agar pemerintah daerah membuat suatu sekolah penerbangan yang berasrama, selevel SMK. Karena dimulai dari pendidikan, kita bisa menciptakan generasi-generasi yang hebat mumpuni dan mampu berdaya saing bagus, sehingga pembangunan bisa terlaksana dengan baik," harapnya.

Pun dengan masalah komunikasi antara pihak legislatif dan eksekutif yang tidak terjalin dengan baik.

"Bagaimana kita bisa membangun suatu wilayah yang baik kalau komunikasinya antara pemangku kepentingan tidak berjalan dengan baik. Sebagai seorang usahawan dan juga saya mantan anggota DPRD Kabupaten Jayapura, saya melihat komunikasi antara Legislatif dan Eksekutif masih belum bersinergi. Oleh karena itu jika terpilih saya akan berusaha menjembatani, mudah mudah ke depan bisa diperhatikan," tegasnya.

"Harapan kami dapat terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Papua. Jangan lupa 14 Februari nanti, coblos no urut 3 ya," serunya.(irn)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media