Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Salah satu kapal pelni sedang bersandar di pelabuhan Jayapura

Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Jayapura Normal

Jayapura, semuwaberita.com - Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Nurul Azhar mengatakan, arus mudik di Pelabuhan Jayapura menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 relatif stabil.

Kondisi ini bisa dikatakan tidak ada perubahan dari tahun ke tahun, karena  penumpang yang berangkat menggunakan kapal Pelni tujuan di Wilayah Papua maupun diluar Papua seperti Makasar, Surabaya masih dibawah kapasitas kapal.

“Memang benar berdasarkan data yang kami himpun di pelabuhan Jayapura menjelang lebaran dari tahun ke tahun jumlah penumpang yang naik di kapal kami normal, kalaupun ada peningkatan hanya sedikit tidak signifikan,”
jelasnya kepada Wartawan di Kantor Pelni Jayapura Jumat (05/04/2024). 

Kata Nurul Azhar, berbeda halnya di akhir tahun dimana awal Desember saja calon penumpang sudah berbondong-bondong antri di layanan loket Pelni untuk membeli tiket.

Pasalnya untuk wilayah Papua seperti Biak, Nabire dan Serui sampai saat ini kapal Pelni masih menjadi andalan masyarakat Jayapura.

"Kalau menjelang Natal dan Tahun baru itu kami selalu kerja extra karena kemungkinan besar juga bertepatan libur anak sekolah jadi banyak yang pulang kampung untuk berlibur,” ujarnya.

Kapal penumpang tujuan Surabaya di prediksi akan tiba 10 April 2024, sedangkan tujuan Makasar diprediksi sampai tujuan 8 April 2024. Jumlah penumpang yang turun 626 sedangkan yang naik 1.141 dengan kapasitas kapal masih banyak yang kosong.

Lebih lanjut ia katakan, masih di momen menyambut Idul Fitri tepatnya pada tanggal 8 dan 9 dibulan ini masih ada 2 kapal Pelni yakni Ciremai dan Gunung Dempo siap mengangkut penumpang.

Ia menghimbau kepada seluruh calon penumpang agar memesan tiket di jauh-jauh hari. Pemasan tiket Pelni bisa lewat loket, travel agent, bisa juga lewat aplikasi Pelni Mobile, bahkan di minimarket Alfamart dan Indomaret sudah bisa melayani pembelian tiket Pelni.

“Kedepan kami akan fokuskan untuk pemesanan tiket lewat aplikasi Pelni Mobile tujuannya untuk memudahkan calon penumpang kalau mau berangkat ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang kami,” tutupnya.(tns)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media