Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru/Istimewa

Rustan Saru Klaim Penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura Mulai Menurun

JAYAPURAsemuwaberita.com - Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengklaim tren penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayahnya sudah mengalami penurunan.

“Sebetulnya kalau lihat trennya (Covid-19) bulan ini turun. Kita rata-rata penambahan pasien 12 orang per hari,” kata Rustan Saru, Selasa (17/11/2020).

Kendati demikian, Rustan Saru yang juga Wakil Ketua Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Jayapura mengaku, tak mengendorkan pemeriksaaan dan penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan untuk memutus mata rantai penyebaran virus itu.

“Bulan lalu (Oktober) penambahan pasien positif Covid-19 di kota per hari 56 orang, tapi dalam tiga minggu terakhir hanya 12 orang per hari, ini menandakan penyebaran corona turun,’’ujar Rustan Saru

Lanjut dia,  untuk basic reproduction number (Ro) dan effective reproduction number (Rt) juga terjadi penurun jadi 1,6, ‘

’Kita berharap di akhir November Ro Rt dibawah 1 sehingga Kota Jayapura aman dari Covid-19,’’katanya.

Dengan berkurangnya jumlah pasien positif Covid-19, kata Rustan, pemerintah setempat pun telah menutup layanan perawatan di Hotel Sahid Entrop dan pelayanan di pusatkan di Isolasi Terpusat Rumah sehat Kantor LPMP Kotaraja.

‘’Kita tidak lagi lakukan isolasi mandiri pasien di Hotel Sahid, jadi kita sudah tutup karena pasien jumlahnya berkurang sehingga digabungkan ke tempat isolasi terpusat rumah sehat di LPMP Kotaraja,’’ jelas Rustan Saru.

Menurut dia, pemindahan pasien ke tempat isolasi terpusat, tentu akan menghemat biaya, dan jangkauan pengawasan tidak terlalu luas.

Hingga Senin (16/11/2020) jumlah kumulatif pasien covid-19 di Kota Jayapura adalah 5328 pasien, dirawat 1874, sembuh 3372 dan meninggal dunia 82 orang.

Sementara pasien covid-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sehat LPMP Kotaraja sebanyak 62 orang, total kumulatif yang dirawat 243, yang sembuh 175 dan dirujuk ke Rumah Sakit 3 orang. (Aman)

 

Copyright © 2020 Semuwaberita.com