Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Tersangka ES saat ditangkap Polisi/foto:Humas Polda Papua

Oknum ASN di Yahukimo Ditangkap Diduga Pemasok Amunisi ke KKB

Jayapurasemuwaberita.com - Satgas Nemangkawi berhasil menangkap seorang oknum ASN yang diduga sebagai pemasok amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua.

ASN berinisial ES kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan di Mapolres Yahukimo 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H , Kamis (23/9/2021) menuturkan, tersangka ditangkap di jalur I Bawah Kompleks Ambruk Kota Dekai, Yahukimo. 

Penangkapan berawal dari anggota Satgas Nemangkawi mendapat laporan dari masyarakat bahwa, ada sebuah truk Dinas berplat merah milik Pemda Yahukimo yang dicurigai oleh masyarakat membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti.

"Setelah Tim OPS Nemangkawi memeriksa keberadaan truk tersebut, ditemukan, sekelompok orang dengan barang bukti didalam bak truk dan langsung diamankan bersama dengan sopir truk yang merupakan oknum ASN Pemerintah Kabupaten Yahukimo berinisial E.S," tutur Kamal

Lanjut ia, berdasarkan pemeriksaan di rumah tersangka Kompleks Perumahan Sosial Km. 4 Distrik Dekai, petugas menemukan Amunisi dan Magazine 5.56. 

"Sejumlah barang bukti yang diamankan 26 butir amunisi 5,6 5TJ, 8 butir Amunisi 38 SPC, 1 buah Magazine M-16 dan 1 pasang pakaian loreng KNPB," beber Kalam.

Turut ditemukan sejumlah senjata tajam seperti kapak, badik, juga parang

Kamal menjelaskan, sebelumnya, pada 27 Agustus 2021 Tim OPS Nemangkawi juga berhasil mengamankan satu orang Oknum ASN Pemkab. Yahukimo yang juga merupakan Camat atau Kepala Distrik yang berinisial EB, bersama 15 orang lainya yang diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB di wilayah Yahukimo. 

Dari 15 orang tersebut, Tim OPS Nemangkawi berhasil mengungkap 5 diataranya yang merupakan DPO Polres Yahukimo atas serangkaian pembunuhan sadis di Kabupaten Yahukimo beberapa waktu lalu yang mengakibatkan masyarakat sipil dan Anggota Polri Maupun TNI meninggal dunia.

Kemudian pada 23 agustus 2021 juga Tim OPS Nemangkawi berhasil membebaskan Karyawan PT. Indo Papua yang disandra oleh KKB Wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo-Papua.

Kamal menambahkan, segala upaya-upaya penegakan hukum terhadap KKB yang selalalu mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo dengan melakukan berbagai pembunuhan secara sadis, kini pimpinannya Ananias Yalak atau yang dikenal dengan sebutan Senat Soll berhasil diamankan oleh Tim OPS Nemangkawi, pada 2 September 2021 lalu.(Aman)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media