Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Ketua KMB Kabupaten Jayapura Sihar L. Tobing, S.H/foto:Irfan

Sihar Tobing, Resmi Pimpin KMB Kabupaten Jayapura

Sentani, semuwaberita.com - Sihar L. Tobing resmi dilantik menjadi Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura. Sihar yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura ini akan mengomandoi KMB Kabupaten Jayapura dari 2021-2026.

Secara simbolis kepengurusan Sihar Tobing ini dilantik oleh Ketua Umum KMB Provinsi Papua, Ronald Panjaitan, Sabtu 25 Juni 2022 di Ballroom Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ronald berharap kepada pengurus KMB Kabupaten Jayapura supaya menganut kaidah moral yang berlaku. Baik itu untuk sesama saling menghargai dan saling tolong menolong, serta bagi semua suku yang ada juga kepada pemerintah.

"Masyarakat Batak untuk saling membantu dengan semua suku yang ada," harapnya.

Sementara itu, Ketua KMB Kabupaten Jayapura Sihar L. Tobing menegaskan bahwa KMB itu organisasi masyarakat yang bebas mandiri dan tidak berafiliasi dengan politik. Kendati begitu, Sihar menyampaikan, bahwa KMB akan bekerjasama dan bersama-sama pemerintah membangun Kabupaten Jayapura.

"Pada prinsipnya, apapun paguyubannya itu semua paguyuban pasti punya niatan yang sama dan baik seperti yang disampaikan juga oleh pak Bupati. Yakni, kita sama-sama menjaga Kabupaten Jayapura sebagai daerah yang sudah dicanangkan Kabupaten yang bertoleransi atau zona integritas kerukunan umat beragama," kata pria yang juga Legislator Partai Golkar Kabupaten Jayapura ini kepada wartawan usai acara pelantikan pengurus KMB Kabupaten Jayapura, Sabtu 25 Juni 2022 siang.

"Kami juga mendukung semua program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Terlebih dalam waktu dekat ini seperti penyampaian dari saudara Bupati Jayapura. Bahwa, di bulan Oktober mendatang akan ada event besar tingkat nasional, yaitu Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke- VI tahun 2022," sambungnya.

Selain paguyuban KMB, Sihar juga berharap kepada paguyuban-paguyuban lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura dalam hal ini lintas Paguyuban Nusantara mendukung dan bersinergi dengan untuk turut menyukseskan event nasional tersebut.

"Kami juga sangat berharap kepada paguyuban yang ada di daerah ini, mari bersama-sama mensukseskan agenda nasional yang akan diadakan di Bumi Khenambay Umbay," harapnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus KMB Kabupaten Jayapura.

"Atas nama pemerintah, kami juga sampaikan terima kasih banyak untuk masyarakat Batak yang ada di Kabupaten Jayapura, yang terus bersama-sama dengan pemerintah. Dari berbagai bidang pekerjaan, tapi juga sebagai organisasi masyarakat terus menjaga kerukunan dan kebersamaan. Oleh karena itu, atas nama pemerintah kami ucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Batak di daerah ini," ucap Bupati.

Selain pelantikan pengurus KMB Kabupaten Jayapura, juga dilakukan pemberian Ulos dari tetua adat Batak kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw sebagai ungkapan cinderamata berupa doa. (Irf)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media