Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Foto bersama Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf 3 matra dan para prajurit TNI Polri di Papua/foto:Pendam Cend

Dikelilingi Prajurit yang Bertugas di Papua, Panglima TNI Yudo Margono Mengaku Rasakan Aura Berbeda

Jayapura, semuwaberita.com – Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan tugas pertamanya sebagai Panglima TNI dengan melakukan kunjungan kerja ke daerah Provinsi Papua, Minggu (08/09/2023).

Tidak sendiri, kunjungan perdana Panglima TNI didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo bersama sejumlah pejabat utama Mabes dari ketiga Matra TNI dan Mabes Polri.

Selain menghadiri peresmian Mapolda baru Minggu kemarin, Panglima TNI juga memberikan arahan kepada prajurit TNI Polri wilayah Papua yang berlangsung di Makodam Cenderawasih, Senin (09/01/2023) pagi.

Dalam arahannya, Panglima TNI menyatakan kebanggaan dapat hadir di tengah-tengah prajurit TNI-Polri yang bertugas di Papua, karena terpilih dan mendapatkan amanah untuk menjaga agar Merah Putih senantiasa berkibar di wilayah Bumi Cenderawasih.

“Setelah dilantik menjadi Panglima TNI, ini adalah kunjungan kerja pertama saya ke daerah dan saya memutuskan untuk berkunjung langsung ke Papua bersama Bapak Kapolri dan para Kepala Staf Angkatan dan seluruh pejabat utama TNI-Polri di Jakarta dan tentunya untuk bertemu langsung dengan prajurit-prajutit terbaik TNI-Polri,” kata Panglima TNI Yudo Margono.

Ia mengaku, merasakan aura yang berbeda setelah berada di tengah-tengah prajurit TNI-Polri di Papua, sekaligus membuktikan kebenaran wejangan Jenderal Besar Sudirman yakni tempat terbaik seorang pemimpin adalah di tengah-tengah anak buahnya.

“Kalian semua adalah prajurit profesional yang rela meninggalkan keluarga tercinta demi panggilan tugas untuk Ibu Pertiwi, untuk itu dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI-Polri atas dedikasi, kerja keras dan pengorbanan kalian,” ungkapnya.

Tantangan Tugas

Panglima TNI menegaskan, tantangan tugas di Papua saat ini tidaklah ringan, dan terdapat dua tantangan utama yang jelas dan nyata, yakni penerapan Daerah Otonomi Baru dan agenda Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Masih katanya, dengan disahkannya Undang-undang Daerah Otonomi Baru di Papua, maka saat ini terdapat 6 provinsi dan hal ini tentunya menuntut TNI-Polri untuk beradaptasi mengikuti perubahan yang ada.

Adapun beberapa penekanan untuk menjadi pegangan bagi para prajurit TNI-Polri dalam bersikap dan bertindak di lapangan.

“Tingkatkan terus keimanan kalian kepada Tuhan yang maha Esa, menjaga terus sinergitas soliditas dan komunikasi yang baik antara sama aparat khususnya TNI-Polri maupun dengan Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,”  tekannya.

Panglima juga berpesan kepada para prajurit agar mempertajam terus naluri tempur, tetap disiplin dan jangan lengah sedikitpun. Meskipun fokus pada kegiatan pembinaan teritorial namun kewaspadaan tetap harus tetap dijaga.

“Jangan sekali-sekali menakuti dan menyakiti hati rakyat justru sebaliknya kalian harus mampu merebut hati mereka melalui aksi nyata yang bermanfaat, galakkan kegiatan pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan bantu upaya ketahanan pangan sebagai sarana mendekatkan diri dengan masyarakat,” tekannya lagi.

Selain itu, Panglima TNI juga menekankan pentingnya memahami seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku, para komandan dan perwira harus terus meningkatkan pengetahuan kepada prajurit tentang hukum sehingga pelanggaran disiplin yang berakibat pelanggaran hukum dapat diminimalisir.

Setelah mendengarkan langsung masukan dari anggota, Panglima berjanji akan meneruskan kepada Pemerintah Pusat untuk mengambil keputusan dan kebijakan dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI-Polri di Papua.

“Saya bangga dengan kalian semuanya, tetaplah menjadi Ksatria Pelindung Rakyat, dan jaga agar Merah Putih selalu berkibar di Bumi Cenderawasih, Papua.” pungkasnya.

Piagam Penghargaan

Usai memberikan pengarahan dan tanya jawab dengan prajurit, Panglima TNI dan Kapolri memberikan piagam penghargaan kepada Kombes Pol Firman selaku Kepala Ops Damai Cartenz, Kapten Inf Adam Susanto selaku Dansattis wilayah Provinsi Papua dan Kapten Inf Hamdan Fauzul Selaku Dansattis wilayah Jayapura.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga turut memberikan bantuan Pompa Hydrant, Pipa Air HDPE dan lampu solar cell kepada Pangdam XVII/Cenderawasih untuk masyarakat yang kesulitan air bersih di Papua.

Setelah pertemuan dan arahan kepada PJU TNI-Polri dan prajurit TNI-Polri di Makodam XVII/Cenderawasih, rombongan kemudian menuju Bandara Sentani untuk melanjutkan Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri ke Timika, Papua Tengah. (RZR)

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media