Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal/Istimewa

Wagub Papua: Penyerapan DIPA 2021 Untuk Program PEN

JAYAPURAsemuwaberita.com - Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal meminta  agar kepala daerah melakukan reformasi anggaran agar bisa menggerakan ekonomi masyarakat. 

Sedangkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait di lingkungannya, agar penggunaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2021 juga diperuntukan bagi penyerapan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

“Reformasi anggaran ini harus dititikberatkan pada hal-hal yang meningkatkan partisipasi masyarakat di tengah pandemic COVID-19, seperti program padat karya, sehingga masyarakat bisa terlibat, punya penghasilan dan ekonominya bisa lebih baik," katanya di Jayapura, Jumat (27/11/2020).

Dikatakan Klemen, para pemilik anggaran diharapkan segera melakukan lelang sedini mungkin yakni pada Desember 2020.

“Jika lelang sudah dilakukan di Desember, Kementerian/Lembaga atau Daerah sudah bisa mulai melakukan pengerjaan sejak awal  Januari 2021," bebernya.

Ia menjelaskan, jika lelang segera dilakukan maka pengerjaannya dapat dimulai cepat dan diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun sesuai yang dijadwalkan.

"Anggarannya pun dapat terserap dengan baik sesuai dengan yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Wagub menambahkan, besaran dana yang diberikan oleh Pemerintah Pusat semakin besar di mana ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan yang diberikan kepada Provinsi Papua juga semakin tinggi sehingga harus dijaga dengan melakukan pekerjaan semaksimal mungkin.

Sekedar diketahui, total anggaran belanja tahun 2021 di Papua sebesar Rp44,2 triliun, di mana Rp38,8 triliun di antaranya berupa dana transfer ke daerah, Rp5,4 triliun Dana Desa, Rp6,3 triliun belanja Kementerian/Lembaga, Rp164,2 miliar dana Dekon dan Rp98,3 miliar dana tugas pembantuan. (Pratiwi)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media