Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Alpius Toam

Dinas PU Sasar PAD Sektor Pengelolaan Tinja Bandara Sentani

SENTANI, semuwaberita.com - Fasilitas penyedot lumpur tinja di Kabupaten Jayapura yang diluncurkan sejak tahun 2020 lalu dan dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) itu telah membangun kerjasama dengan sejumlah pihak mulai dari kawasan perumahan dan perhotelan serta yang terbaru yakni dengan Bandara Sentani.

Untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengajukan surat permohonan kerjasama ke PT Angkasa Pura I Bandara Sentani terkait pengelolaan lumpur tinja di wilayah Bandara Sentani termasuk lumpur tinja yang berasal dari pesawat.

"Soal pengelolaan tinja dari pesawat, pihak Angkasa Pura I sudah menyetujuinya" kata Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST,  ketika dikonfirmasi, Senin (19/4).

Lanjutnya, pengelolaan lumpur tinja ini juga masuk dalam target pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jayapura. Sehingga selain rumah tangga, layanan penyedot lumpur tinja ini juga menjangkau sejumlah tempat usaha perhotelan termasuk di kawasan Bandara Sentani.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Teknik Penyehatan pada Dinas PU Kabupaten Jayapura, Yan Willem Rumere menjelaskan, mengenai mekanisme pelayanan penyedotan lumpur tinja di kawasan Bandara Sentani termasuk tinja dari pesawat yang melakukan pendaratan di Bandara, pihaknya akan langsung lakukan penyedotan tinja yang ditampung di tempat penampungan sementara. Jika lumpur tinja ini dalam jumlah banyak, maka sehari bisa dilakukan penyedotan dua kali.

"Kapasitas angkutan kita itu 3 sampai 4 kubik. Jadi tidak ada masalah ketika kita melayani lumpur tinja yang ada di Bandara Sentani," katanya.(Irf)

Copyright © 2020 Semuwaberita.com