Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : BI Papua gelar kegiatan Sosialiasia pemanfaatan kanal QRIS kepada ASN Pemkot Jayapura, di hotel Swissbel, Jumat (19/08/2022)

BI Papua Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Kanal QRIS Kepada ASN Pemkot Jayapura

Jayapura, semuwaberita.com - Bank Indonesia pewakilan Provinsi Papua menggelar Sosialisasi Optimalisasi Kebijakan ETPD melalui Pemanfaatan Kanal QRIS kepada ASN Pemerintah Kota Jayapura, berlangsung di Swiss-Belhotel, Kota Jayapura,  Jumat, (19/09).

Acara sosialisasi ini dihadiri secara langsung oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua,Dedy Irianto, Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Robby Kepas Awi, dan Direktur Bisnis Bank Papua, Sadar Sebayang. 

Sadar Sebayang mewakili Bank Papua yang juga selaku stakeholder pengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kota Jayapura memaparkan terkait implementasi QRIS yang telah berjalan melalui aplikasi mobile banking Bank Papua. 

Selanjutnya Dedy Irianto dari BI Perwakilan Papua memaparkan pentingnya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah dan menyampaikan betapa patut berbangganya masyarakat Papua, khususnya Kota Jayapura karena Bank Pembangunan Daerah Papua menjadi yang pertama dalam mengimplementasikan QRIS. 

“Sebagaimana kita yang paling pertama menikmati sinar matahari di Timur, kita harus berbangga pula karena memiliki BPD pertama yang telah menerapkan QRIS,” ucap Dedy

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey menegaskan betapa pentingnya digitalisasi ini guna mendorong Jayapura menjadi Smart City. Dimana dapat mendorong pendapatan asli daerah yang nantinya dapat disalurkan kembali manfaatnya kepada masyarakat Kota Jayapura.

"Sosialisasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) kepada ASN Pemerintah Kota Jayapura diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman para Aparatur Sipil Negara terkait penggunaan kanal pembayaran QRIS dalam transaksi Pemerintah Daerah," ungkap Frans Pekey. 

Tingkatkan Efisiensi 

Pembayaran digital nontunai dengan menggunakan QRIS diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam transaksi belanja daerah serta pembayaran retribusi dan pajak yang menjadi sumber pendapatan daerah. "Efisiensi ini menjadi salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tentunya dengan menghadirkan pilihan pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal," jelas Frans. Melalui QRIS Tanpa Tatap Muka, masyarakat kini juga dapat melakukan pembayaran digital nontunai dari mana saja. Kemudahan ini tentu dapat mendorong tingkat pendapatan pemerintah daerah, khususnya dalam penerimaan pajak dan retribusi.

Selain pemaparan terkait QRIS, para ASN yang hadir juga terlibat langsung dalam simulasi penggunaan QRIS dalam transaksi pembayaran donasi ke gereja dan masjid. 

Kegiatan pada sosialisasi kepada ASN Pemerintah Kota Jayapura ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan QRIS Nasional (PQN) Tahun 2022 yang diselenggarakan tanggal 15-20 Agustus 2022. 

Keseluruhan rangkaian acara ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan mendorong penggunaan QRIS dalam berbagai macam transaksi pembayaran.(Irn)

 

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media