Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Pemkab Jayapura Keluarkan Surat Edaran Hadapi Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis Surigae

 Hadapi Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada

SENTANI, semuwaberita.com - Pemerintah Kabupaten Jayapura mengeluarkan Surat Edaran bernomor: 486/60/SE/SET, tentang kesiapsiagaan atau imbauan menghadapi cuaca ekstrem akibat siklon tropis surigae.

Untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa poin imbauan yang diterbitkan Bupati Jayapura yang ditandatangani Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro.

Pertama, seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Jayapura khususnya yang tinggal di lereng-lereng gunung agar meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya longsor, petir dan hujab lebat yang mengakibatkan banjir.

Kemudian yang tinggal di bantaran sungai agar waspada terjadinya hujan lebat yang mengakibatkan banjir dan tidak membuang sampah ke sungai, warga yang tinggal pada daerah pesisir agar waspada.

Sedangkan untuk kepala-kepala Distrik dan kepala kampung agar membentuk tim siaga bencana pada setiap RT/RW secara mandiri dengan melakukan pemantauan debit air sungai/drainase/irigasi di lingkungan sekitar.

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi cuaca ekstrim itu.

Sementara ditempat terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jayapura Jhonson Nainggolan menyampaikan agar masyarakat tidak berteduh di bawah pohon besar saat angin kencang terjadi. Disamping itu, tidak memaksakan bepergian di saat hujan deras mengguyur.

"Kami dari BPBD imbau masyarakat di Kabupaten Jayapura agar tidak bepergian keluar rumah jika terjadi hujan deras disertai angin kencang," ungkapnya. (Irf)

Copyright © 2020 Semuwaberita.com