Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Koordinator Sub Bidang Sosial Ekonomi pada Bidang IV Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Yos Levie Yoku (tengah) saat memberikan keterangan pers/foto:Irfan

Sebanyak 258 UMKM Dilibatkan Selama Penyelenggaraan PON XX Papua

Sentanisemuwaberita.com - Sebanyak 258 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilibatkan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Koordinator Sub Bidang Sosial Ekonomi pada Bidang IV Sarana Prasarana Penunjang Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Yos Levie Yoku menyebut, dari 258 pelaku UMKM ada sebanyak 100 UMKM yang bergerak di bidang kuliner, souvenir dan handicraft, yang mendapatkan fasilitas dari Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura untuk mempromosikan produknya di seputaran venue-venue PON di Klaster Kabupaten Jayapura.

Perempuan yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Jayapura ini mengatakan, para pelaku UMKM ini sebelumnya telah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu.

"Selain itu, kami juga memberikan modal usaha senilai 5 juta rupiah kepada masing-masing pelaku UMKM," sebutnya

Selain mendapatkan pembinaan dari Pemkab Jayapura, juga antusias masyarakat sangat tinggi untuk ikut terlibat. 

Sehingga pihaknya mencoba menempatkan pelaku UMKM ini di sekitar venue yang ada di Klaster Kabupaten Jayapura.

Levie Yoku menambahkan, pihak Pemkab Jayapura terus mendorong sektor UMKM Papua untuk bangkit dan naik kelas.

"Dalam rangka mendorong sektor UMKM Papua untuk bangkit, maka kami dari Pemkab Jayapura juga menggandeng sektor perbankan. Sehingga pelaku UMKM itu memperoleh akses pembiayaan, selain melek terhadap sistem pembayaran secara digital atau non tunai," sambungnya. (Irf)

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media