Left Sidebar
Left Sidebar
Featured News
Right Sidebar
Right Sidebar

Foto : Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura, Alexander Sinuraya menyerahkan hadiah kepada pemenang Juara II, Briptu Colombus Waimbo/Andi

Kompetisi Stand Up Comedy 2022 Papua Sukses Digelar, Ini Lima Pemenangnya

Jayapura, semuwaberita.com — Grand Final Kompetisi Stand Up Comedy 2022  yang diprakarsai oleh Komunitas Jurnalis Kota Jayapura bekerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Papua sukses digelar, berlangsung di Hotel Aston, Kota Jayapura, Kamis (01/12/2022).

Mengusung tema "Jaga Papua" lomba yang diikuti sebanyak 35 peserta dari berbagai daerah di tanah Papua ini, berhasil menjaring lima pemenang yang berkompetisi di ajang grand final.

Berikut lima pemenang yang  keluar sebagai juara dengan mendapatkan total hadiah Rp20 juta; Juara I diraih Fandra Saba, Juara II oleh Briptu Columbus Waimbo, Juara III Douglas, Harapan I Juflix dan Harapan II Budi. 

Tampak hadir dalam acara Grand Final, Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura Alexander Sinuraya, Kepala Penerangan Korem 172/PWY Mayor Inf Dewa Made DJ dan para sponsor serta tamu undangan lainnya.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan yang menampilkan kreatifitas anak muda di bidang seni komedy

"Lomba kali ini sangat menghibur, sejak awal saya datang sudah dibuat tertawa dengan lawakan lawakan yang ditampilkan para peserta. Tentunya kami sangat mengapresiasi, apalagi temanya Jaga Papua ini sangat luarbiasa," kata Kamal.

Menurut ia, setiap orang yang ada di Papua punya kewajiban untuk menjaga tanah ini agar tetap aman dan damai.

"Jadi bukan hanya menjadi tugas Polisi untuk mengamankan situasi kamtibmas tetap kondusif, tetapi rekan rekan lain dengan profesinya masing masing juga bertanggung untuk menjaga Papua dalam aspek rasa aman dan nyaman. Mudah mudahan situasi kamtibmas di tahun 2022 dan tahun depan di 2023, Papua semakin kondusif," tukasnya.

Lomba ini, sebut Kamal, adalah satu inovasi yang telah diwujudkan oleh anak anak muda Papua dengan kreativitas dan talenta yang dituangkan dalam sebuah lawakan yang menghibur berisi pesan damai, ajakan, imbauan, kritik yang membangun untuk bagaimana kita bersama sama menjaga papua menjadi tanah yang damai.

"Kita sangat terhibur dengan karya anak muda Papua ini. Mari kita jaga papua ini tetap damai dengan kebersamaan," ajaknya.

Koordinator Juri Stand Up Comedy Competition 2022, John Yewen mengatakan, dari 35 peserta yang mendaftar secara online, dijaring menjadi 15 besar kemudian berlanjut ke 5 besar yang mengikuti grandfinal.

Dari materi yang masing-masing peserta sampaikan memang tujuannya untuk menjaga Papua, karena kita melihat bahwa Papua ini adalah tempat dimana negeri yang indah. 

“Jangan kita bisa negeri Papua yang indah saja, tapi kita juga melihat orang-orang yang datang ke Papua aman dan damai. Itu di buktikan dari kita sendiri dulu," terangnya. 

"Makanya tema ini sesuailah menurut saya sehingga teman-teman juga dipaksa untuk bagaimana menulis sesuatu yang memberikan pesan kepada orang di luar sana bahwa harus menjaga Papua begitu,” tukasnya. 

Ketua Panitia, Eva Rukdijati  mengatakan peserta ada 35 orang. Sebetulnya lebih cuma ada beberapa yang terpaksa kita cut langsung karena tak lengkap artinya terkendala jaringan telekomunikasi akhirnya diambil solusi kita lewat teegram. Jadi selain lewat Email, Telegram dan  Whats App. 

Dari itu ada 15 yang lolos. Pesertanya itu sebetulnya dari Sorong juga ada jadi bukan Papua ya. Papua Barat ada Papua Selatan ada. Jadi ini bisa dikatakan stand up comedy di Tanah Papua.

Sementara itu, pemenang Juara I Fandra Saba menyampaikan syukur atas kemenangannya.

“Puji Tuhan dan terima kasih atas hasil yang saya dapatkan cukup memuaskan. Saya harap kedepan tak saya saja mungkin ke orang lain lagi, karena  sebagai generasi Papua kita harus saling membantu Papua tetap aman,” katanya.  

"Mungkin even ini akan berlanjut bukan hanya saya, tapi mungkin masih banyak lagi anak muda Papua seperti saya yang mungkin mereka bisa lebih baik lagi dari saya," harapnya.

Fandra mengaku ingin mengembangkan lagi bakatnya untuk ikut di tingkat nasional. 

“Ini adalah langkah awalah untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” ujar pria blasteran Serui- Makassar ini.(Irn)

 

Copyright © Semuwaberita.com | Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media